Kegiatan ini adalah cara mengembangkan ide atau gagasan dan membuatnya menjadi karya yang menarik dan bermanfaat untuk orang lain. Setiap orang pasti memiliki kemampuan untuk berpikir lebih kreatif sejauh orang itu mampu menyadari bahwa dirinya bisa berpikir dan bekerja lebih baik serta selalu memiliki sudut pandang yang berbeda dalam menilai suatu hal.

Di desa sukasari membuat pelatihan pembuatan kursi sofa, masyarakatpun antusias untuk mengikuti kegiatan tersebut. Karena kami yakin tiap individu mempunyai karakteristik personal yang terpatri kuat dalam jiwa kreativitas. Seseorang yang memiliki jiwa kreativitas memiliki kemampuan berpikir ataupun dapat melakukan tindakan yang bertujuan untuk mencari pemecahan sebuah kondisi ataupun permasalahan secara cerdas, berbeda,  tidak umum, orisinil, serta membawa hasil yang tepat dan bermanfaat.

Suatu usaha yang tidak dilandasi upaya kreatif dan inovatif biasanya tidak dapat berkembang abadi. Lingkungan yang begitu dinamis menuntut kreativitas untuk selalu adaptif dan mencari terobosan terbaru. Karakter cepat berpuas diri dan cenderung stagnan sama saja membawa diri ke arah kematian.

Kreatif dan inovatif dapat diterapkan secara sederhana. Kuncinya adalah kepekaan dalam mencium peluang dan kemampuan membaca pasar agar tepat sasaran. Membangun desa misalnya, untuk mewujudkan desa yang mandiri dibutuhkan kreativitas dan inovasi dalam merealisasikiannya sehingga desa dapat memanfaatkan potensi fisik dan nonfisik yang dimilikinya, menjadikan desa modern dan hampir mirip dengan kehidupan perkotaan, masyarakatnya memiliki mata pencaharian yang beragam, serta sarana-prasarana yang telah maju.

“Membangun desa dengan cara yang kreatif dan inovatif.” Kalimat ini yang selalu kami pikirkan dan setiap hari agar kami selalu optimis bahwa desa akan jauh lebih baik jika semua masyarakat terutama generasi muda mampu berpikir kreatif untuk membuat karya-karya yang menarik. Berbagai potensi yang ada di desa sangat mungkin dapat dikembangkan dan dapat mewujudkan kegiatan berbasis Usaha Ekonomi Masyarakat jika dikemas dengan cara yang kreatif dan inovatif .

Misalnya bagaimana jika produk kursi soffa  yang selama Ini hanya dibuat untuk rumah tangga bisa diproduksi dengan kemasan yang menarik. Dengan begitu, saya yakin sekali jika semua anak muda berani untuk mencoba hal baru yang kreatif dan inovatif, maka akan banyak usaha kreatif yang bisa tumbuh di desa, apalagi jika usaha tersebut didukung oleh pemerintah dan universitas untuk memberikan program-program pelatihan keterampilan dan kreativitas bagi anak-anak muda di desa.

Tentunya untuk mencapai itu semua dibutuhkan keberanian, mampu mengidentifikasikan masalah, lebih sering mencoba jika gagal, mampu berkompetisi, dan mampu berpikir di luar kebiasaan. Sehingga, keyakinan kita bahwa di masa mendatang tidak akan ada lagi orang-orang di desa yang ingin bekerja di luar negeri akan segera terwujud. Karena, peluang berusaha di desa jauh lebih baik daripada menjadi pekerja di negeri orang .